Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friday 13 July 2012

Friday the 13th: Fakta atau Mitos?

Hari ini Jumat tanggal 13 Juli 2012. Singkatnya, Friday the 13th. Sebagian orang percaya kalau tanggal 13 yang jatuh di hari Jumat adalah pertanda kesialan. Khususnya bagi masyarakat barat. Ketakutan akan hari Jumat tanggal 13 disebut paraskavedekatriaphobia atau paraskevidekatriaphobia, yang merupakan bentuk khusus dari triskaidekafobia, atau fobia (ketakutan) terhadap angka 13. Fiuuh... lidah gue sampai kelipet-lipet nyebut istilahnya.

Gue pribadi menganggap, angka berapa pun dan hari apa pun, sama baiknya. Masalah sial atau nggak sial, itu sih takdir masing-masing. Tapi sekedar membahas soal Friday the 13th memang menarik buat sebagian orang, termasuk gue. Nah, ini gue kasih 13 fakta (atau mitos?) seputar angka 13:

1. Mantan Presiden AS, Franklin D. Roosevelt, ternyata nggak pernah bepergian pada tanggal 13 dan nggak pernah menjamu tamu yang jumlahnya 13 orang. Pastinya, dia memilih berdiam diri pada hari Jumat tanggal 13.

2. Beberapa malware aktif setiap hari Jumat tanggal 13. Salah satunya, virus Jerusalem yang menyerang ekstensi file .com dan .exe.

3. Faktanya, banyak rumah sakit dan hotel yang nggak punya kamar dengan nomor 13.

4. Kesialan dan berbagai mitos seputar hari Jumat tanggal 13 mengilhami dirilisnya film "Friday the 13th" di tahun 1980 dan menjadi femomenal sampai sekarang.

5. Memotong rambut di hari Jumat tanggal 13 sangat dilarang, karena bisa mendatangkan kematian bagi seorang anggota keluarga.

6. Seseorang yang lahir pada hari Jumat tanggal 13, akan sial sepanjang hidupnya.

7. Nggak ada jalan di Amerika yang memiliki nama 13th Street atau 13th Avenue.

8. Dalam balap mobil Formula 1, nggak ada mobil bernomor 13. Nomor ini sengaja dihilangkan setelah terjadi dua kali kecelakaan mobil bernomor 13.

9. Kalau pada hari Jumat tanggal 13 ada prosesi pemakaman lewat di depan kamu, itu pertanda kamu bakal segera meninggal.

10. Jarang banget bandara dan pesawat yang punya gate ke-13 dan lorong ke-13.

11. Tragedi berdarah di Indonesia, Semanggi I, terjadi pada hari Jumat tanggal 13 November 1998.

12. Banyak gedung dan bangunan yang sengaja menghilangkan lantai ke-13, termasuk di Indonesia.

13. Kartu Tarrot ke-13 adalah kematian, disimbolkan oleh Grim Ripper 13.

Well, itu tadi 13 fakta atau mitos--terserah kamu menanggapinya--tentang angka 13. Menurut gue, untuk menghindari kesialan yang kamu percaya bakal terjadi setiap tanggal 13 di hari Jumat, cukup dengan menghilangkan semua sugesti-sugesti buruk itu dari pikiran kamu. Semua itu bener-bener nggak baik buat kesehatan. Yang ditakutin adalah kamu mulai percaya sama hal-hal yang nggak jelas dan menyepelekan takdir Tuhan. Hehe.

So, Friday the 13th: fakta atau mitos? Jawabannya ada di diri masing-masing :-)

Source: berbagai sumber

1 comment:

  1. Dear Pocarisw,

    I've checked your blog and found that some of your postings are similiar to mine. Including this one.

    This is my link and tell me what you see! --> http://lovelyshironeko.blogspot.com/2012/07/friday-13th-fakta-atau-mitos.html?m=0

    I wrote all of my postings based on my own thoughts. So, it would be appreciated if you give me credit when you want to copy one or more of my postings. Respect is a must.

    So, would you confirm me about this?

    Thanks.

    Owner of lovelyshironeko.blogspot.com

    ReplyDelete