Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Thursday 26 September 2013

Lembah Bunga Alpine di India

 Lembah Bunga
LEMBAH BUNGA ALPINE



Di temukan oleh      : Frank S . Smythe dan R . L. Holdsworth (pendaki dari Inggris) .
Pada tahun             : 1931 .
Lokasi                    : Taman Nasional Nanda Devi , Uttarakhad , India


Lembah Bunga adalah lembah yang indah . Permukaannya dilapisi oleh padang rumput luas dan hamparan bunga . anak - anak sungai mengalirkan air yang jernih . Lembah ini berada di puncak dunia yaitu di ketinggian himalaya , pegunungan tertinggi di dunia .

Para pendaki juga ahli botani menggambarkan lembah itu luar biasa indah, sudah ada sejak lebih dari seabad lebih, bahkan dalam mitologi Hindu, penggambaran keberadaan lembah ini sudah ada sejak jaman dahulu kala. Hamparan yang lembut, padang rumput di selingi bunga-bungaan warna warni, sangat indah dan nyaris menyesakkan nafas memandangnya. Lembah bunga yang indah semakin lengkap dengan adanya background gunung dan hutan.

 Lembah Bunga merupakn rumah para peri . Peri - peri keluar dari sarangnya pada malam hari dan yang pasti Lembah Bunga merupakan rumah bagi berbagai jenis serangga , bunga , dan binatang lainnya . Sekitar 300 jenis bunga liar tumbuh di sini . Kebanyakan bunga - bunga itu dapat digunakan sebagai obat . Beraneka kupu - kupu , lebah , macan tutul dan beruang Himalaya juga menghuni lembah ini . Lembah Bunga ini dikenal dunia setelah ada pendaki Inggris yang melintasinya pada tahun 1931 .Lembah Bunga memiliki keunikan . Keunikannya yaitu Lembah Bunga sering berganti warna . Pada musim dingin , di bulan November hingga Mei , lembah ini berwarna putih karena diselimuti oleh salju . Pada musim hujan di bualn Juni , lembah dipenuhi bunga berwarna merah dan pink . Pada bulan Juli hingga Agustus inilah , Lembah Bunga semarak warna . Hal itu disebabkan karena pada saat itulah bunga dari berbagai jenis dan warna mulai bermekaran . Kemudian di bulan September warna Lembah Bunga berubah menjadi warna coklat.



Lembah Bunga adalah sebuah taman nasional India, Nestled tinggi di Himalaya Barat, yang terkenal dengan padang bunga alpine endemik dan keindahan alam yang luar biasa. Lembah Bunga ini dinyatakan sebagai taman nasional pada tahun 1982 dan bagian dari Uttarakhand, di hulu Garhwal. Daerah ini terletak pada kisaran Zanskar dari Himalaya dengan titik tertinggi di taman nasional Gauri Parbat pada 6.719 m di atas permukaan laut.

India adalah sebuah negeri yang sama tuanya dengan waktu, indah dan eksotis. Di daerah Garhwal Himalaya di negara bagian Uttaranchal, India, bau wangi berbagai jenis bunga yang tumbuh di pegunungan yang tinggi itu seolah olah membawa kita ke dunia lain. Sungai-sungai dengan airnya yang jernih yang mengalir di dasar lembah dan kicauan burung-burung menambah asyiknya suasana yang surgawi itu.

Inilah Lembah Bunga sebagaimana dikenal oleh masyarakat setempat selama ratusan tahun — tetapi baru diperkenalkan kepada dunia pada tahun 1931 oleh Frank Smyth, seorang warga negara lnggris dalam bukunya “The Valley of Flowers”. Terbitnya buku tersebut pada pada tahun 1937 telah membuat daerah tersebut sangat terkenal. Bahkan daerah yang bernama Lembah Bhyndar, tempat bermainnya para bidadari, juga dirubah namanya menjadi Lembah Bunga (Valley of Flowers).

Valley of Flowers terletak antara puncak-puncak gunung dan sebagian diantaranya tertutup salju. Beberapa buah air terjun dan mata-mata air menjadi batas pemisah antara bunga-bunga yang terdiri dari berbagai jenis dan warna tersebut.... kuning, pink, merah dan putih. Flora di lembah ini juga terdiri dari beragam jenis tanaman, termasuk tanaman obat.


Lembah Bunga tidak selamanya berbunga. Pada musim dingin (Nopember-Mei), selimut salju yang tebal dan putih bersih menutupi seluruh lanskapnya. Dan dengan datangnya musim semi, Lembah Bunga memperoleh nafas baru. Bunga-bunganya bermacam-macam dan tak terhitung banyaknya. Pada musim hujan (Juni) lembah ini pun diguyur hujan lebat dimana warna merah dan pink mendorninasi suasana, tetapi tanpa mcngurangi keindahan warna-warna lain seperti kuning, jingga dan putih. Pada bulan-bulan Juli sampai Agustus lembah ini benar-benar penuh dengan bunga dari berbagai jenis dan warna. Pada bulan September Valley of Flowers berubah warna menjadi coklat dengan suasana yang tenang dan damai.

Sementara lembah ini sangat disenangi oleh para pencinta alam, Departemen Kehutanan Negara Bagian Uttaranchal telah mengidentifikasi dua lembah lainnya yang tak kalah indahnya yang juga terletak di Himalaya. Kedua lembah ini kaya dengan flora dan fauna liar. Kedua lembah “baru” tersebut adalah Lembah Chenew dan Lembah Kheero — yang berdekatan dengan Lembah Bunga. Keduanya terletak di kaki puncak gunung Neelkanth yang terkenal itu dan termasuk kedalam wilayah Hutan Lindung dari Nanda Devi Forest Division.

No comments:

Post a Comment