Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tuesday 7 May 2013

Angsulan Chapter 1

Dalam rentetan pernikahan adat di Indonesia, dikenal adanya istilah seserahan atau hantaran, yang diberikan pihak calon pengantin pria (CPP) kepada calon pengantin wanita (CPW). Seserahan sendiri berupa barang-barang keperluan si CPW. Kalau dulu soal seserahan biasanya diserahkan sepenuhnya pada pihak CPP, sekarang udah banyak CPW yang terlibat atau dilibatkan dalam urusan seserahan. Mulai dari pemilihan barang-barangnya hingga hiasnya. Hal ini dimaksudkan agar nantinya yang diberi seserahan ini--yaitu si CPW sendiri--nggak merasa kecewa dengan barang yang diterimanya, sesuai seleranya, pas ukurannya, dan pastinya bakalan bisa dipakai dengan riang gembira setelah merit :D

Oya, yang minat cek postingku soal seserahan ada di sini ya :-)

Penyerahan barang-barang hantaran ini biasanya dilakukan dalam suatu acara khusus, tergantung adat daerah masing-masing. Kalau di Jawa biasanya di malam Midodareni. Tapi zaman sekarang sih demi kepraktisan, banyak yang menyerahkan seserahan sebelum berlangsungnya akad nikah. Nah, setelah seserahan diberikan, di akhir acara, biasanya bakalan ada 'oleh-oleh' yang diberikan pihak keluarga CPW kepada pihak keluarga CPP, sebagai balasan atau simbol rasa terima kasih atas seserahan yang telah diberikan. Nah, 'oleh-oleh' untuk CPP inilah yang disebut angsulan atau angsul-angsul (dalam adat Jawa).

Contoh angsulan segala macam toiletries atawa perlenongan cowok :D
Contoh angsulan seperangkat alat solat
Contoh angsulan pakaian kerja

Dalam pernikahanku nanti, aku pun udah menyiapkan angsulan untuk pipi. Jumlah angsulan sesuai adat Jawa (katanya) harus ganjil tapi nggak boleh melebihi jumlah seserahan. Setelah diskusi ramean sama Yang Mulia Ayahanda dan Ibunda Ratu (baca: bapak'e dan mbok'e), plus si empunya penerima angsulan itu--yang nggak lain nggak bukan adalah pipi sendiri--box angsulan yang bakal dikasih nanti ditetapkan sejumlah 5 box aja, udah termasuk 2 box untuk makanan. Jiaaah... dikit amat kali ya kalau dibanding seserahanku yang 13 box itu? Ini modus pelit atau ngirit? Jiakakak! *pipi jongkok suram ngorekin pasir di pojokan tembok*

Contoh angsulan yang disebut "Kancing Gelung", yaitu seperangkat 
pakaian yang bakal dipakai CPP saat akad

Sama halnya dengan seserahan yang semuanya barang-barang kebutuhanku, isi angsulan itu nantinya adalah barang-barang keperluan pipi. Kalau semua seserahanku yang bayarnya dibandarin pipi, untuk angsulan gantian aku yang jadi bandarnya dan pipi cuma tinggal asoy geboy milih barang-barang apa aja yang dia mau untuk angsulan. Udah sempet parno duluan, jangan-jangan ini bisa jadi ajang balas dendam pipi meras dompetku *pipi ngikik kegirangan di balik jubah drakula-nya*. Tapi untungnya, cami-ku yang satu ini amat sangat perhatian dan penuh belas asih kayak Tong Sam Cong gurunya Sun Go Kong. Dia sama sekali nggak ada niat untuk 'memiskinkan' aku! #plak. Malahan dia dengan sangat hati-hati memilih barang-barang yang harganya 'nggak ngajak berantem' dan bikin ATM-ku meledak. Hwuaa... makasih, chayanx!!! *peluk pipi sampe gepeng*

Angsulan kayak gini nih yang bakalan bikin ATM kemarau  
dalam hitungan detik! :D

Pemilihan barang-barang angsulan pipi terbilang cepat secara emang box-nya sedikit. Tapi bukan cuma karena itu. Pipi juga sebenernya nggak ribet kayak aku kalau milih barang-barang yang dia mau. Nggak perlu thawaf ngelilingin satu mall dulu atau kunjungan door to door ke semua butik/toko dulu dan ujung-ujungnya balik ke butik/toko yang pertama kali dikunjungin cuma demi beli barang inceran yang pertama kali diincer di butik/toko itu. Yup, itulah fakta ajaib soal aku yang dibetein pipi! Hihi! *sembah sujud di kaki pipi*

Kalau pipi, barang apa yang dia mau untuk angsulan langsung aja dia cari pas kebetulan kita lagi jalan di mall. Kalau kebetulan barang yang dia mau stoknya lagi kosong atau warnanya nggak ada, dia kreatif, inisiatif, dan pemaaf banget untuk langsung cari alternatif barang lainnya. Ya ampun, kalau aku sih ya, misal barang yang aku mau lagi kosong, aku bakal maki-maki etalase sama mbak2 SPG-nya *lho?* terus minggat cari tempat lain yang jual barang yang sama, dan kalau masih tetep kosong di semua tempat, aku nggak bakalan berpaling ke lain hati dan bakalan keukeuh nunggu tuh barang nongol sampe si Atun adeknya si Doel kurus terus gemuk lagi terus kurus lagi! Oke... mungkin inilah yang namanya perbedaan tipis antara setia, ngotot, sama bego! Mohon jangan dipraktekkan di rumah dan mall mana pun! _ _"

Daaaan... apa aja barang-barang angsulan untuk pipi? Ini dia list-nya:

Box 1: 
Handuk (1 pcs), undies (2 pcs), dan segala keperluan perlenongan pipi (parfum, deodoran, shaver, hand and body lotion, pembersih muka, dan toiletries cowok lainnya).

Box 2:
Perlengkapan solat (Baju Koko, Sajadah, Peci, dan Sarung).


Box 3:
Peralatan Makan (setengah lusin set cangkir + tatakan dan setengah lusin piring kecil).
Note: box ini isinya atas saran dari nyokap yang katanya kudu ada alat makannya biar nanti pas berumah tangga nggak kekurangan pangan. Aamiin. Seserahanku juga ada alat makannya.

Box 4:
Jadah dan Wajik.
Note: ini sih ngikutin adat Jawa yang katanya juga harus ada makanan tradisional yang lengket biar mempelainya lengket terus selamanya. Aamiin. Di seserahanku juga ada jadah-wajiknya.

Box 5:
Jajan pasar.

Alhamdulillah semuanya udah lengkap, kecuali makanan yang disiapin di hari H aja. Semua box angsulan berwarna merah cabe, agak beda dikit sama box seserahanku yang bernuansa merah maroon. Intinya tetep ada warna merah sesuai nuansa nikahku :-)

Proses hias-menghias box pipi pun nyaris kelar, cuma tinggal sentuhan dikit lagi, dan selesai. Untuk urusan hias-menghiasnya, cukup aku aja yang ngerjain dibantu sama pipi, lho! Dan oh ya, bukan cuma angsulan, tapi juga seserahan dan beberapa printilan meritku lainnya aku yang hias sendiri dibantu asisten tercintaku, tentu aja si pipi. Apa aja itu dan gimana hasilnya? Ditunggu aja update-annya, ya! Hoho!

Semoga posting ini bermanfaat untuk temen-temen yang juga lagi butuh referensi nyiapin merit. Arigatou! ^,^


Note: Photos are from Google.

1 comment:

  1. Dear Pocarisw,

    I've checked your blog and found that some of your postings are similiar to mine. Including this one.

    This is my link and tell me what you see! --> http://lovelyshironeko.blogspot.com/2013/05/angsulan-chapter-i.html?m=0

    I wrote all of my postings based on my own thoughts. So, it would be appreciated if you give me credit when you want to copy one or more of my postings. Respect is a must.

    So, would you confirm me about this?

    Thanks.

    Owner of lovelyshironeko.blogspot.com

    ReplyDelete